Bantuan
Free Tele x

7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman & Sehat

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 05 Jul 2022

Bagikan

7 Cara Cepat Menurunkan Berat Badan yang Aman & Sehat

Kegemukan membuat beberapa orang tidak percaya diri, sehingga mereka memilih untuk menurunkan berat badan secara cepat. Diet bukan hanya sekadar menguruskan berat badan saja, tapi juga mengatur pola makan.

Dalam setiap metode yang tentu memiliki banyak detail hal apa saja yang akan lakukan untuk hasil yang sesuai. Jika Anda masih ingin menurunkan berat badan, dengan beberapa cara menurunkan berat badan yang cocok menurut kami, ada beberapa tips sehat yang berlaku untuk hampir semua kami paparkan untuk Anda. 

 

Inilah Cara Sehat Menurunkan Berat Badan

Beberapa hal yang akan Anda lakukan adalah sebagai berikut:

 

  1. Perbanyak Asupan Sayuran

Alih-alih membatasi makanan dan kelompok makanan yang berbeda, fokuskan untuk memasukkan banyak makanan bergizi yang dapat Anda tambahkan ke dalam diet Anda untuk meningkatkan kesehatan. Sayuran mengandung banyak serat yang dapat mengenyangkan. Anda dapat membuat makanan versi rendah kalori dari hidangan lezat dengan menukar bahan berkalori tinggi untuk buah dan sayuran. Jika Anda berpikir untuk membuat makanan apapun, pastikan  sebagian besarnya berupa sayuran (setidaknya 50% dari apapun yang Anda makan).

 

  1. Sarapan Seimbang dan Bergizi

Sarapan yang seimbang yang dicampur dengan serat, protein, lemak sehat, disatukan dalam hidangan lezat. Melewatkan sarapan dapat mempengaruhi hormon rasa lapar Anda, yang menyebabkan Anda merasa "lapar" di sore hari. Ketika sore tiba Anda akan lebih sulit untuk menahan diri untuk makan dengan porsi besar atau menginginkan makanan manis dan karbohidrat olahan. Sarapan yang baik adalah sarapan yang dapat membuat Anda kenyang, puas, dan dapat mencegah keinginan makan di waktu yang lain. Kalori yang Anda butuhkan sebesar 400-500 kkal yang dapat terdiri dari protein seperti telur, Greek yoghurt tanpa pemanis, kacang-kacangan, dan serat dari buah atau biji-bijian.

Baca juga: Coba bahan alami ini untuk atasi perut buncit

 

  1. Camilan Sehat

Banyak camilan populer saat ini tidak padat nutrisi tetapi tinggi kalori. Penyebab utama sering datang dalam bentuk gandum olahan seperti sereal, keripik, kerupuk, makanan jajanan berlemak dan kue, dan juga minuman berkalori seperti jus dan soda. Usahakan untuk menjaga camilan di bawah 300 kkal dan pilih camilan sehat dengan setidaknya 4 gram serat dan 4 gram protein untuk membuat Anda kenyang. Pilih camilan yang rendah gula dan garam.

 

Baca juga: Cara Ampuh Menghilangkan Kulit Kendur Setelah Diet

 

  1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi

Fokuskan perhatian Anda pada hal-hal seperti rasa, tekstur, suhu, dan bau dari apa yang Anda makan agar dapat membantu mengontrol porsi makan Anda. Fokuskan perhatian Anda dengan apa yang Anda makan dan kapan waktunya. Hal ini dapat membantu Anda bila Anda tidak sadar mengunyah sepanjang hari dan menambah kalori ekstra. Perhatikan juga dari mana saja kalori berlebih pada makanan yang Anda konsumsi.

 

  1. Kurangi Minuman Manis

Melewatkan minuman manis sering kali merupakan cara termudah untuk menurunkan berat badan lebih cepat, dan bonusnya, Anda dapat mencegah diabetes dan penyakit jantung.

 

Perhatikan kandungan gula pada jus, soda, olahan kopi dan teh manis, serta minuman beralkohol. Jika Anda mengonsumsi masing-masing minuman tersebut di siang hari, Anda akan mengonsumsi setidaknya 800 kalori ekstra pada malam hari  dan Anda tetap akan lapar.

 

  1. Mulai Latihan Fisik

Latihan pergerakan tubuh dan kekuatan untuk membangun jaringan-jaringan otot dan membakar lebih banyak kalori di tempat kerja saat santai atau saat waktu istirahat. Semakin banyak otot yang Anda miliki, semakin cepat Anda menurunkan berat badan.

Coba lakukan beberapa push-up atau beberapa squat dan lunge. Gunakan beban bebas Anda untuk melakukan bicep curl sederhana atau tricep extension di rumah atau kantor Anda. Campurkan beberapa gerakan abs, lengan, punggung, dan kaki baru jika Anda suka. Melakukan latihan hanya 3 - 4 kali per minggu tak hanya menurunkan berat badan, tetapi meningkatkan rentang gerak tubuh, stabilitas dan bentuk tubuh.

Baca juga: Olahraga Atau Diet Untuk Turunkan Berat Badan?

 

  1. Makanan Pedas

Makanan pedas sebenarnya dapat membantu Anda mengurangi kalori. Itu dikarenakan capsaicin, senyawa yang ada pada cabai-cabaian, memberikan sedikit peningkatan hormon adrenalin yang dapat mempercepat kemampuan Anda untuk membakar kalori. Terlebih lagi, makan makanan pedas bisa membantu Anda untuk tidak makan berlebihan. Selain cabai Anda juga dapat mengonsumsi jahe dan kunyit.

 

Baca juga: 10 Tips Atasi Perut Buncit dengan Aman

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang
Tag :
Referensi

Good Housekeeping . February 2022 . How to Lose Weight Fast But Safely, According to Experts

https://www.goodhousekeeping.com/health/diet-nutrition/advice/a17162/lose-weight-faster-karas-0302/

Bagikan artikel ini    

Ingin penjelasan lebih detail oleh dokter? Pesan konsultasi sekarang!

Doctor

Nutrisi & Gizi

Mulai dari IDR 110.000

Pesan Sekarang