7 Cara Aman Keluar Rumah Bersama Anak selama Masa Pandemi COVID-19

28 Jul 2020 • Tips Kesehatan

Selama masa pandemi COVID-19, bepergian keluar rumah dapat memberikan efek positif bagi kesehatan jiwa dan fisik Anda dan anak-anak Anda.

Namun, dengan keadaan sekarang, Anda harus merumuskan cara paling aman sebelum bepergian. Berikut adalah tujuh tips bepergian bersama anak selama masa pande ini:

Hati-hati terhadap apa yang Anda dan anak-anak Anda sentuh selama di luar rumah atau saat kembali ke rumah

Apabila Anda tinggal di rumah yang hanya ditinggali oleh keluarga Anda sendiri, hal ini tidak perlu dipusingkan. Namun, jika Anda tinggal di bangunan yang ditinggali banyak orang seperti apartemen. Anda harus memperhatikan barang-barang seperti tombol lift atau dinding yang rawan disentuh orang lain.

Anda bisa mengatakan pada anak Anda bahwa dinding tersebut "panas" sehingga tidak boleh disentuh, sehingga anak Anda menganggap ini permainan dan tidak menyentuhnya. Opsi lain yang bisa Anda pilih adalah gunakan sarung tangan sehingga Anda dapat menyentuh tanpa khawatir.

Selalu sedia hand sanitizer

Hand sanitizer harus selalu siap sedia agar Anda dapat cuci tangan kapanpun dan dimanapun.

Pilih ruangan outdoor terbaik

Pilih tempat yang tidak terlalu ramai dan sedikit kemungkinan untuk bersinggungan dengan orang lain, ya!

Jalankan physical distancing ketika Anda di luar rumah

Selalu jaga jarak minimal 1 meter dengan orang lain. Meskipun risiko terkena virus SARS-CoV-2 dari orang hanya dari berpapasan cukup kecil, Anda tetap harus was-was dan menjarakkan selebar mungkin.

Jangan keluar rumah dengan keluarga lain yang tinggal di tempat tinggal lain

Bepergian keluar rumah bersama keluarga lain memang terdengar menyenangkan, tetapi hal ini akan membuat Anda susah menjaga jarak dari mereka, terutama anak Anda dan anak dari keluarga lain tersebut.

Jangan memegang apapun

Tekankan pada anak Anda untuk tidak memegang barang-barang yang besar kemungkinannya telah disentuh oleh orang lain. Seperti permainan di taman bermain, duduk di kursi taman, bola yang dimainkan bersama, ataupun tanda marka jalan atau apapun.

Anda tidak pernah tahu siapa yang pernah menyentuhnya atau kapan disentuh oleh orang lain. Jika anak Anda terlanjur menyentuh barang tersebut, cuci tangan segera dengan hand sanitizer.

Pakai masker

Gunakan masker Anda dengan baik dan benar, terutama pada situasi-situasi di mana physical distancing susah diterapkan. Anak-anak di bawah 2 tahun memang tidak direkomendasikan memakai masker, tetapi orang-orang selain anak di bawah 2 tahun harus patuh menggunakan masker.

Meskipun terkesan merepotkan, tujuh hal ini sangat penting dilakukan untuk memperkecil risiko keluarga Anda dalam terjangkit COVID-19. Tetap stay safe, ya!

Referensi

McCarthy C. 7 tips for going outside safely with your children during the COVID-19 pandemic [Internet]. Harvard: Harvard Health Publishing; 2020 Apr [cited 2020 Jul]. Available from: https://www.health.harvard.edu/blog/7-tips-for-going-outside-safely-with-your-children-during-the-covid-19-pandemic-2020042719653