Bantuan

6 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung yang Mengganggu

Ditinjau oleh dr. Alvin Saputra • 22 Jul 2021

Bagikan

6 Tips Menghilangkan Jerawat Punggung yang Mengganggu

Jerawat punggung, apakah Anda pernahmerasakannya? Jerawat memang sering datang tanpa diundang. Tidak jarang jikahadirnya jerawat membuat siapa saja merasa risih dan tidak percaya diri. Salahsatu pemicu jerawat adalah penumpukan kotoran dan minyak.


Jerawat bisa muncul di dada, punggung, bahu,wajah, dan dahi. Selain itu, ada beberapa tanda yang bisa dilihat, sepertikomedo, benjolan besar, dan pori-pori tersumbat tertutup. Sementara penyebabutama jerawat adalah bakteri, peradangan, dan produksi minyak berlebih. Itulahkenapa jerawat bisa timbul di bagian tersebut.


TipsMenghilangkan Jerawat Punggung dengan Mudah

Adanya gesekan saat memakai tas juga bisamenjadi salah satu penyebab terjadinya jerawat di punggung. Jika Anda seringmengalami jerawat di bagian punggung, ada beberapa tips ampuh untukmenghilangkannya. Berikut beberapa tips mudahnya.


1. Mengonsumsi Buah Alpukat

Salah satu tips yang bisa Anda coba untukmenghilangkan jerawat di bagian punggung adalah dengan mengonsumsi buahalpukat. Buah alpukat mempunyai kandungan kaya lemak sehat yang bisa membantumengurangi lesi jerawat. Selain itu, buah satu ini juga mempunyai banyakmanfaat untuk tubuh, salah satunya dijadikan sebagai makanan saat diet.


Selain buah alpukat, makanan yang mengandungkaya lemak sehat bisa didapatkan dari kacang dan biji-bijian. Ada lagi makananlainnya, yaitu minyak zaitun, ikan almon, dan ikan sarden Alaska liar.


2. Membatasi Produk Susu

Salah satu faktor penyebab munculnya jerawatyang jarang diketahui adalah sering mengonsumsi produk susu. Hal ini karenaproduk susu bisa memperburuk keadaan jerawat. Apalagi jika produk susudiberikan pada seseorang yang cenderung berjerawat dan rentan terhadap susu.


3. Meningkatkan Kadar Zinc atau Seng

Tips menghilangkan jerawat punggung bisadilakukan dengan memenuhi kadar zinc atau seng dalam tubuh. Hal ini karena sengsangat penting dalam struktur dan fungsi membran sel tubuh. Selain itu,kebanyakan orang yang menderita jerawat cenderung kekurangan seng dibandingkanmereka yang tidak mengalami jerawat.


Anda bisa memenuhi kebutuhan seng atau zincdalam tubuh dengan mengkonsumsi daging, jamur, tiram, produk gandum utuh, dantelur. Selain itu, Anda juga bisa memilih makanan karbohidrat yang tepat.Beberapa makanan yang ternyata bisa menyebabkan jerawat adalah pasta, bagel,muffin, dan tepung putih dalam roti.


Selain itu, mengkonsumsi biji-bijian olahanternyata juga bisa menyebabkan jerawat. Anda bisa mengonsumsi makanan indeksglikemik rendah yang bagus untuk kulit. Contohnya beras merah, ubi jalar,barley, dan quinoa. Makanan tersebut bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat tanpaharus merusak kulit tubuh.


4. Memperbanyak Asupan Vitamin A

Memperbanyak asupan vitamin A bisa membantu Andauntuk menghilangkan jerawat. Hal ini karena vitamin A yang larut dalam lemakdibutuhkan untuk kesehatan kulit. Mengkonsumsi suplementasi vitamin A bisamemperbaiki kondisi jerawat yang diderita. Contoh asupan makanan dengan vitaminA adalah wortel, bayam, kangkung, dan ubi jalar.


5. Menggunakan Krim Topikal

Menggunakan krim topikal bisa membantu Andamenghilangkan jerawat punggung. Cara ini terbukti ampuh untuk mengobati kasusjerawat ringan sampai tahap sedang. Mengoleskan obat ini bisa Anda gunakan dibagian punggung yang sakit.


Sementara perawatan untuk hal ini biasanyamenghasilkan kulit yang bersih dalam jangka waktu 4-8 minggu. Selainmenggunakan krim topikal, Anda juga bisa mengonsumsi pil dengan meminta resepdari dokter. Biasanya, pil diberikan jika jerawat sudah tergolong parah.


Beberapajenis obat yang biasanya diberikan adalah antibiotik dan isotretinoin.Isotretinoin bisa menyebabkan depresi dan kulit kering. Oleh karena itu,sebaiknya konsultasi terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tersebut.


6. Rajin Membersihkan Diri

Setelah tubuh berkeringat, ada baiknya untuklangsung mandi menggunakan pembersih lembut. Hal ini bisa membantu Andamengurangi risiko terjadinya jerawat di bagian punggung. Selain itu, hindarimenggunakan baju yang ketat di tubuh. Karena bisa menyebabkan pori-poritersumbat apalagi saat tubuh dalam keadaan berkeringat.


Ada lagi tips lainnya yang bisa Anda coba.Pertama, tidak menggosok bagian punggung yang terkena jerawat, menghindariproduk yang menyebabkan iritasi, dan menghindari sinar matahari.


Jika Anda mengalami masalah jerawat punggungyang cukup parah, ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter. Karenaada beberapa perawatan khusus yang harus dilakukan agar bisa sembuh.

 

Referensi:

  • Mayo Clinic. Acne.
  • Barrel, Amanda. How to Get Rid of Acne on TheBack. 2017.
Bagikan artikel ini