Bantuan
Bantuan

4 Manfaat Kunyit kepada Tubuh yang Terbukti Secara Medis

Ditinjau oleh dr. Nanda L Prasetya, MMSc • 23 Apr 2021

Bagikan

Kunyit dapat menjadi suplemen nutrisi paling efektif. Banyak penelitian berkualitas tinggi menunjukkan bahwa kunyit memiliki manfaat besar bagi tubuh dan otak kamu. Berikut adalah 4 manfaat kesehatan kunyit berbasis bukti.

  1. Kunyit mengandung senyawa bioaktif dengan sifat obat yang kuat

Kunyit adalah bumbu yang memberi warna kuning pada kari. Ini telah digunakan di india selama ribuan tahun sebagai bumbu dan ramuan obat. Baru-baru ini, sains mulai mendukung apa yang telah lama dikenal orang India, yakni kunyit benar-benar mengandung senyawa dengan khasiat obat.

Senyawa ini disebut kurkuminoid, yang terpenting adalah kurkumin. Kurkumin adalah bahan aktif utama dalam kunyit. Ia memiliki efek anti-inflamasi yang kuat dan merupakan antioksidan yang sangat kuat. Namun kandungan kurkumin pada kunyit tidak terlalu tinggi. Itu sekitar 3%, berat.

Sebagian besar penelitian tentang ramuan ini menggunakan ekstrak kunyit yang sebagian besar mengandung kurkumin itu sendiri, dengan dosis biasanya melebihi 1 gram per hari. Akan sangat sulit untuk mencapai level ini hanya dengan menggunakan bumbu kunyit dalam makanan kamu. Oleh karena itu, jika ingin merasakan efek yang maksimal, kamu perlu mengonsumsi suplemen yang mengandung kurkumin dalam jumlah banyak.

2. Kurkumin merupakan senyawa anti inflamasi alami

Kunyit membantu tubuh kamu melawan benda asing dan juga berperan dalam memperbaiki kerusakan. Tanpa peradangan, benda asing seperti bakteri dapat dengan mudah mengambil menginfeksi kamu dan menyebabkan kematian.

Meskipun peradangan akut dan jangka pendek bermanfaat, ini bisa menjadi masalah besar ketika menjadi kronis dan menyerang jaringan tubuh kamu sendiri secara tidak tepat. Para ilmuwan sekarang percaya bahwa peradangan kronis tingkat rendah memainkan peran utama di hampir setiap penyakit kronis di Barat. Ini termasuk penyakit jantung, kanker, sindrom metabolik, alzheimer, dan berbagai kondisi degeneratif.

Oleh karena itu, apa pun yang dapat membantu melawan peradangan kronis memiliki potensi penting dalam mencegah dan bahkan mengobati penyakit ini. Kurkumin sangat bersifat anti-inflamasi. Faktanya, itu sangat kuat sehingga cocok dengan keefektifan beberapa obat anti-inflamasi, tanpa efek samping.

Kunyit memblokir NF-kB, molekul yang bergerak ke inti sel dan mengaktifkan gen yang terkait dengan peradangan. NF-kB diyakini memainkan peran utama dalam banyak penyakit kronis

3. Kunyit secara signifikan meningkatkan antioksidan tubuh

Kerusakan oksidatif diyakini sebagai salah satu mekanisme dibalik penuaan dan banyak penyakit. Ini melibatkan radikal bebas, molekul yang sangat reaktif dengan elektron tidak berpasangan. Radikal bebas cenderung bereaksi dengan zat organik penting, seperti asam lemak, protein, atau DNA.

Alasan utama antioksidan sangat bermanfaat adalah karena mereka melindungi tubuh kamu dari radikal bebas. Kurkumin adalah antioksidan kuat yang dapat menetralkan radikal bebas karena struktur kimianya. Selain itu, kurkumin meningkatkan aktivitas enzim antioksidan tubuh kamu sendiri.

Dengan cara itu, kurkumin dapat memberikan perlawanan melawan radikal bebas. Kurkumin menghalangi radikal bebas secara langsung, kemudian merangsang pertahanan antioksidan tubuh kamu sendiri.

 

4. Kurkumin dapat menurunkan risiko penyakit jantung

Penyakit jantung adalah penyebab kematian nomor 1 di dunia. Para peneliti telah mempelajarinya selama beberapa dekade dan belajar banyak tentang mengapa itu terjadi. Tidak mengherankan, penyakit jantung sangat rumit dan berbagai hal berkontribusi padanya.

Kurkumin dapat membantu membalikkan banyak langkah dalam proses penyakit jantung. Mungkin manfaat utama kurkumin dalam hal penyakit jantung adalah meningkatkan fungsi endotelium, yang merupakan lapisan pembuluh darah kamu.

Diketahui bahwa disfungsi endotel adalah pendorong utama penyakit jantung dan melibatkan ketidakmampuan endotel kamu untuk mengatur tekanan darah, pembekuan darah, dan berbagai faktor lainnya.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kurkumin mengarah pada peningkatan fungsi endotel. Satu studi menemukan bahwa itu sama efektifnya dengan olahraga sementara yang lain menunjukkan bahwa itu bekerja sebaik obat atorvastatin.

Cukup sekian informasi dari tim Aido, semoga bermanfaat. Simak juga artikel kesehatan lainnya hanya di Aido.

Referensi

1.     Health Benefits of Turmeric [Internet]. WebMD. [cited 2021 Feb 3]. Available from: https://www.webmd.com/diet/ss/slideshow-turmeric

2.     10 Proven Health Benefits of Turmeric and Curcumin [Internet]. Healthline. 2018 [cited 2021 Feb 3]. Available from: https://www.healthline.com/nutrition/top-10-evidence-based-health-benefits-of-turmeric

Bagikan artikel ini