Bantuan

Penyakit

Leukopenia

Ditinjau oleh • 03 Jun 2022

Bagikan

Leukopenia adalah Rendahnya Jumlah Sel Darah Putih Tubuh, Ketahui Penyebabnya di Sini

Jika Anda pernah mendengarnya, Leukopenia pada dasarnya merupakan kondisi rendahnya sel darah putih dalam tubuh. Dalam hal ini, penderita leukopenia memiliki jumlah leukosit yang berada di bawah batasan normal. Padahal, sel darah putih dalam hal ini sangatlah penting dan dibutuhkan oleh tubuh keberadaannya demi menjaga imunitas tubuh.

Lantas, apa saja hal yang dapat menjadi penyebab seseorang mengalami leukopenia ini? Sejatinya, ada beberapa hal yang dapat memicu terjadinya leukopenia. Untuk lebih lanjutnya lagi, mari simak pembahasan mengenai apa itu leukopenia dan apa saja penyebabnya?

Overview Leukopenia

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, leukopenia adalah kondisi di mana jumlah sel darah putih dalam tubuh begitu rendah, hingga berada di bawah batas normal. Sel darah putih atau leukosit sendiri, merupakan hal penting yang menjadi bagian dari sistem kekebalan tubuh. Dalam hal ini, peranan utamanya adalah melindungi tubuh dari ancaman infeksi. 

Sejatinya, kondisi ini tidak memiliki gejala yang begitu spesifik, meskipun begitu Anda tetap harus waspada akan hal ini. Jika dibiarkan, kondisi ini hanya akan berakhir pada kondisi yang jauh lebih serius dan membahayakan kesehatan. Hal ini karena ketika seseorang mengalaminya, kondisi leukopenia ini akan menyebabkan tubuh lebih rentan lagi terhadap serangan infeksi. 

Penyebab Leukopenia

Kurangnya jumlah sel darah putih dalam tubuh seseorang sejatinya dapat disebabkan oleh banyak hal. Dalam hal ini, beberapa kemungkinan penyebab leukopenia adalah sebagai berikut.

  1. Infeksi

Penyebab yang pertama dari leukopenia adalah infeksi. Dalam hal ini, kasus infeksi seperti HIV/AIDS, tuberkulosis, dan bahkan infeksi darah, dapat menjadi faktor pendorong rendahnya jumlah sel darah putih dalam tubuh seseorang.

  1. Kelainan bawaan

Selain karena infeksi, kondisi leukopenia juga dapat disebabkan oleh kelainan bawaan sejak lahir. Salah satu contohnya adalah kelainan berupa sindrom Kostmann yang dalam hal ini dapat menghambat fungsi sumsum tulang belakang dalam memproduksi sel darah putih. 

  1. Penyakit autoimun

Penyebab leukopenia yang lainnya adalah adanya gangguan autoimun seperti rheumatoid arthritis atau lupus. Penyakit autoimun dalam hal ini merusak jaringan tubuh yang sehat, termasuk sumsum tulang belakang yang memiliki peranan penting dalam produksi sel darah putih.

  1. Malnutrisi

Kondisi kekurangan nutrisi, terutama vitamin B12, zinc, tembaga, dan folat, diduga juga menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya leukopenia. Dengan kurangnya konsumsi nutrisi-nutrisi penting tersebut, tubuh akan terhambat dalam produksi sel darah putih. Kondisi ini pula akan semakin diperparah apabila Anda kerap mengonsumsi alkohol.

  1. Efek samping konsumsi obat

Ternyata konsumsi beberapa jenis obat-obatan juga dinilai mampu menjadi penyebab terjadinya leukopenia. Adapun obat-obatan yang dapat memicu kondisi ini di antaranya adalah antibiotik, antipsikotik, hongga obat tiroid. Apabila dikonsumsi dalam jangka panjang, obat-obatan ini mampu mengganggu fungsi sumsum tulang belakang. 

  1. Efek samping pengobatan kanker

Tidak hanya obat-obatan yang telah disebutkan sebelumnya, faktanya kondisi leukopenia juga dapat disebabkan sebagai efek samping pengobatan kanker. Dalam hal ini, tindakan pengobatan seperti kemoterapi ataupun terapi radiasi, dapat mengganggu kinerja dan fungsi sumsum tulang belakang yang pada akhirnya membuat sel darah putih tidak bisa dihasilkan kembali dengan baik.

  1. Kanker

Selain pengobatan kanker, tentu penyakit kanker itu sendiri juga dapat menjadi penyebab seseorang alami leukopenia atau kondisi berkurangnya sel darah putih dalam tubuh. Dalam hal ini, beberapa jenis kanker seperti kanker darah dan juga kanker tulang belakang bisa membuat kemampuan tubuh menghasilkan sel darah putih semakin berkurang.

  1. Sarkoidosis

Satu lagi penyakit yang mampu menjadi pemicu terjadinya kondisi leukopenia adalah sarkoidosis. Jenis penyakit ini disebabkan oleh respons kekebalan tubuh yang berlebihan dan pada akhirnya hanya menyebabkan terjadinya peradangan di organ-organ tubuh itu sendiri, termasuk sumsum tulang belakang. 

Nah itulah dia penjelasan tentang leukopenia serta hal-hal yang mungkin menjadi penyebabnya. Pada akhirnya, dapat disimpulkan bahwa leukopenia adalah kondisi rendahnya kadar sel darah putih tubuh yang dalam hal ini ternyata dapat disebabkan oleh banyak hal. 

Memiliki pertanyaan? Anda bisa berkonsultasi lewat video call langsung dengan dokter terkait di aplikasi kesehatan Aido Health. Download aplikasi Aido Health di App Store dan Google Playstore.

Baca juga: Mengenal Iskemia Kondisi Kekurangan Suplai Darah, Ketahui Gejalanya Juga

Tag :
Referensi

Mayo Clinic. Low white blood cell count. https://www.mayoclinic.org/symptoms/low-white-blood-cell-count/basics/definition/sym-20050615#:~:text=A%20low%20white%20blood%20cell,one%20medical%20practice%20to%20another.

McDowell, Sandy. 2018. What Is Leukopenia?. https://www.healthline.com/health/leukopenia

Biggers, Alana. 2017. What is leukopenia?. https://www.medicalnewstoday.com/articles/320299

Bagikan artikel ini